Pengertian Kritik, Cara / Teknik yang Baik dan Sopan Menyampaikan Kritik, Contoh Kritik, Latihan Memberikan Kritik

Pengertian Kritik, Cara / Teknik yang Baik dan Sopan Menyampaikan Kritik, Contoh Kritik, Latihan Memberikan Kritik - Kalian tentu sudah sering mendengar kata "kritik" bukan ?. Tentu kata yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dalam menyampaikan kritik tentu ada cara / tekniknya. Sudah tahukah kalian cara teknik dalam menyampaikan kritik ?. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Pengertian Kritik, Cara / Teknik yang Baik dan Sopan Menyampaikan Kritik, Contoh Kritik, Latihan Memberikan Kritik.


Pengertian Kritik, Cara / Teknik yang Baik dan Sopan Menyampaikan Kritik, Contoh Kritik, Latihan Memberikan Kritik




Kamu tentu sering membaca sebuah berita dari media cetak, atau menyaksikan berita di televisi dan mendengarkan berita dari radio, bukan? Nah, bagaimana tanggapanmu terhadap informasi dalam berita tersebut ?


Pasti kamu memiliki pendapat, masukan, atau kritikan. Dalam pelajaran ini, kamu akan diminta untuk memberikan sebuah kritik atau masukan terhadap sebuah informasi secara santun.


1. Pengertian Kritik



Kritik adalah sebuah pernyataan yang berisi masukan, uraian, penjelasan, dan penilaian terhadap sesuatu mengenai kekurangan atau kesalahannya. Kritikan yang baik adalah kritikan yang membangun dan disertai dengan alasan yang tepat. Pada saat memberikan sebuah kritik, kamu harus dapat menunjukkan letak kekurangan atau kesalahannya.


2. Cara / Teknik yang Baik dan Sopan Menyampaikan Kritik Memberikan Kritik


 

Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat memberikan kritik pada suatu permasalahan. Hal-hal yang harus kamu perhatikan antara lain sebagai berikut.


a. Pahami betul tema/permasalahan  yang akan kamu kritik.

b. Tunjukkan bagian yang mengalami kekurangan atau kesalahan.

c. Sampaikan secara santun, jelas, apa adanya, dan tidak menyinggung perasaan.

d. Berikan alasan yang masuk akal atau logis agar dapat diterima orang lain.

e. Tawarkan solusi atau pemecahan jalan keluarnya.


3. Contoh Kritik


Agar pemahaman kalian tentang kritik semakin bagus, silahkan lihat dan pahami contoh kritik di bawah ini.

Pahami contoh kritikan berikut!

Dewasa ini masalah kenakalan remaja semakin marak. Lihat saja banyak terjadi tawuran antarpelajar, penyalahgunaan narkoba, miras, dan pergaulan bebas. Sebagai pengamat pendidikan, Saya merasa prihatin terhadap masalah tersebut. Seharusnya permasalahan ini perlu perhatian khusus dari semua pihak. Namun, kadangkala ada pihak tertentu terkesan menutupi masalah tersebut! Mungkin karena takut aib bagi keluarganya. Menurut Saya, langkah tersebut justru salah. Pihak sekolah bekerja sama  dengan pihak-pihak terkait, misalnya kepolisian, orang tua murid, dan psikolog  justru akan membantu masalah tersebut untuk mewujudkan generasi penerus yang cerdas.


5. Latihan Memberikan Kritik


Setelah mempelajari pengertian kritik, cara / teknik yang baik dan sopan dalam menyampaikan kritik, dan melihat contoh kritik. Maka latihlah diri kalian untuk menyampaikan kritik melalui tulisan di bawah ini.




Guru Honorer Demo Pertanyakan Nasibnya


Ratusan guru honorer di Padang, Sumatra Barat mendatangi gedung DPRD Sumatra Barat, Senin (04/02/08) kemarin. Mereka mendesak DPRD Padang untuk memperjuangkan nasib mereka agar diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Ratusan guru honorer yang mendatangi gedung DPRD Kota Padang ini berasal dari guru TK hingga guru SMA. Mereka sengaja datang setelah selesai mengajar di sekolah masing-masing. Tujuannya untuk menemui Komisi D yang membidangi pendidikan.

Ada 11 tuntutan yang dibawa oleh para guru honorer tersebut. Antara lain tentang status mereka yang belum dicantumkan dalam database Dinas Pendidikan Kota Padang, pengangkatan mereka sebagai Pegawai Negeri Sipil dan honor mengajar. Para guru ini tidak melakukan orasi, hanya membentangkan sehelai spanduk yang bertuliskan Ikatan Guru Honorer Indonesia Kota Padang.

Beberapa perwakilan para guru honorer selanjutnya menyampaikan aspirasi mereka kepada anggota Komisi D DPRD Kota Padang. Para guru honorer ini berharap Pemkot Padang dapat memenuhi tuntutan mereka karena terkait dengan masa depan mereka yang berimbas secara langsung kepada kualitas pengajar ribuan murid mereka di sekolah masing-masing.

Sumber: www.indosiar.horison.co.id







Semoga dengan adanya Pengertian Kritik, Cara / Teknik yang Baik dan Sopan Menyampaikan Kritik, Contoh Kritik, Latihan Memberikan Kritik ini kalian akan semakin mudah dalam memahami apa itu kritik, bagaimana cara yang sopan dan baik dalam menyampaikan kritik, dan seperti apa contoh kritik. Dengan adanya latihan menyampaikan kritik tersebut kalian bisa menjadi lebih maksimal mengeluarkan kemampuan kalian dalam menyampaikan kritik. Terimakasih telah membaca Pengertian Kritik, Cara / Teknik yang Baik dan Sopan Menyampaikan Kritik, Contoh Kritik, Latihan Memberikan Kritik.
Previous
Next Post »