Pengertian Paragraf Persuatif, Cara / Teknik Penulisan Paragraf Persuatif, Pola Pengembangan Paragraf Persuatif, dan Latihan Paragraf Persuatif

Pengertian Paragraf Persuatif, Cara / Teknik Penulisan Paragraf Persuatif, Pola Pengembangan Paragraf Persuatif, dan Latihan Paragraf Persuatif - Kalian tentu pernah mendengar atau menjumpai kalimat tang mengatakan paragraf persuatif. Biasanya soal ulangan sering menghadirkan pertanyaan tentang paragraf persuatif. Sudah tahukah kalian apa itu pengertian paragraf persuatif ?, cara / teknik dalam membuat paragraf persuatif, pola pengembangan paragraf persuatif ?. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Pengertian Paragraf Persuatif, Cara / Teknik Penulisan Paragraf Persuatif, Pola Pengembangan Paragraf Persuatif, dan Latihan Paragraf Persuatif.


Pengertian Paragraf Persuatif, Cara / Teknik Penulisan Paragraf Persuatif, Pola Pengembangan Paragraf Persuatif, dan Latihan Paragraf Persuatif
Pengertian Paragraf Persuatif, Cara / Teknik Penulisan Paragraf Persuatif, Pola Pengembangan Paragraf Persuatif, dan Latihan Paragraf Persuatif


1. Pengertian Paragraf Persuatif


Pada pelajaran yang  lalu, kamu telah mempelajari tentang menulis jenis-jenis paragraf (naratif, ekspositif, dan  argumentatif). Dan sekarang kamu diajak untuk mempelajari lagi mengenai menulis paragraf jenis persuatif. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan paragraf persuatif? Apa saja tujuannya? Bagaimana teknik penulisannya? Mari kita pelajari bersama !

 

Paragraf persuatif adalah sebuah paragraf yang bertujuan untuk memengaruhi, mengajak, membujuk, atau menghimbau pembaca untuk mengikuti apa yang disampaikan oleh penulis. Dalam paragraf persuatif biasanya disertakan fakta, data, alasan, gambaran, dan bukti dari penulis sebagai upaya untuk membujuk atau mengajak pembaca.



2. Teknik Penulisan


Teknik penulisan dalam paragraf persuatif terdiri atas tiga bagian, yaitu bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup. Pada bagian pendahuluan terdiri atas beberapa kalimat pendapat atau gagasan yang ingin disampaikan penulis kepada pembacanya. Pada bagian isi terdiri atas bukti, data, gambar, fakta, dan alasan dari penulis dalam upaya untuk membujuk atau mengajak pembaca. Pada bagian penutup terdiri dari kesimpulan yang berupa ajakan, himbauan, dan bujukan penulis kepada pembacanya. Biasanya menggunakan kata-kata ajakan, antara lain mari, ayo, segera, lekaslah, dan sebagainya.



3. Pola Pengembangan Paragraf Persuatif


Pola pengembangan dalam paragraf persuatif ada tiga jenis, yaitu rasionalisasi, identifikasi, dan sugesti.

Pengembangan rasionalisasi, yaitu pengembangan dengan metode uraian menggunakan ide atau gagasan yang bersifat rasional, logis, dan masuk akal saat memberikan argumen atau alasan dalam membujuk.


Pengembangan secara identifikasi, yaitu pengembangan dengan cara penulis mempelajari dahulu objek atau permasalahan yang terjadi/berkembang di masyarakat, kemudian mengangkat dalam bentuk  tulisan, berupa ajakan atau memengaruhi. Dalam hal ini penulis berpihak kepada pembaca.


Pengembangan sugesti, yaitu pengembangan dengan berdasar untuk memengaruhi, membujuk, atau mengajak  pembaca saja tanpa diperlukan adanya argumen, bukti, dan data dalam upaya untuk membujuk.




4. Latihan Paragraf Persuatif




Berwisata di Bandar Lampung



Menikmati keindahan Kota Bandar Lampung akan  terasa lebih afdal jika Anda nikmati dari kawasan Bukit Randu. Di wilayah ini berdiri sejumlah hotel dan restoran yang memanjakan para wisatawan ketika berlibur dengan berbagai fasilitas menarik.


Berdasarkan informasi dari warga, Bukit Randu diambil dari nama sebuah  bukit yang terkenal dengan Daerah Umbul Kapuk atau pohon randu. Bukit yang ada di tengah  Kota Bandar Lampung pada ketinggian 200 meter dari permukaan laut.


Jika Anda ingin mencari oleh-oleh khas Lampung, Jalan Teluk Betung adalah tempatnya. Di jalan yang berjarak sekitar 500 meter dari Bukit Randu ini berdiri beberapa warung yang menjual makanan asli Lampung. Di antaranya kopi bubuk dan keripik pisang.

Oleh-oleh khas Lampung juga banyak dijumpai di Pasar Bambu Kuning. Di sini, banyak dijual beragam kebutuhan warga. Salah satu barang yang menarik dan layak untuk Anda jadikan kenang-kenangan adalah kain tapis. Kain khas Lampung ini dijual dengan harga bervariasi, tergantung corak dan proses membuatnya.




1. Dari teks wacana persuatif di atas, coba kamu tunjukkan bagian pendahuluan, isi, dan penutup karangan !


2. Apa keistimewaan Kota Bandar Lampung ?


3. Tunjukkan bagian karangan di atas, pernyataan yang bersifat membujuk !


4. Tunjukkan bagian karangan di atas yang berisi data atau bukti untuk upaya membujuk pembaca !


5. Simpulkan isi karangan persuatif di atas !







Semoga dengan adanya Pengertian Paragraf Persuatif, Cara / Teknik Penulisan Paragraf Persuatif, Pola Pengembangan Paragraf Persuatif, dan Latihan Paragraf Persuatif ini pemahaman dan penguasaan kalian tentang apa itu pengertian paragraf persuatif, bagaimana cara / teknik dalam menulis paragraf persuatif, pola pengembangan paragraf persuatif dan dengan adanya latihan paragraf persuatif di atas kalian semakin paham tentang paragraf persuatif. Terimakasih telah membaca Pengertian Paragraf Persuatif, Cara / Teknik Penulisan Paragraf Persuatif, Pola Pengembangan Paragraf Persuatif, dan Latihan Paragraf Persuatif.
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Rai Vinsmoke
AUTHOR
September 19, 2018 at 1:55 PM delete

ayo dapatkan promo besar di F|A|N|S|P|O|K|E|R|^^
kami menyediakan free chip setiap 1hari 1kali deposit
bonus rollingan 0.5% yang di bagikan setiap hari senin
dan bonus refferal 20% yang di bagikan setiap hari kamis
ayo ditunggu apa lagi mari segera bergabung dengan kami :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
April 4, 2020 at 7:11 PM delete

Pernyataan persuatif

Reply
avatar