Materi Lengkap Penjaskes Tenis Meja

Materi Lengkap Penjaskes Tenis Meja - Dalam materi penjaskes kalian pasti pernah mempelajari tentang Tenis Meja. Tenis meja mungkin sering kalian sebut pimpong. Dalam bermain tenis meja atau pimpong kelincahan serta keakuratan pukulan sangat dibutuhkan. Pada kesempatan ini saya akan memberikan penjelasan tentang Materi Lengkap Penjaskes Tenis Meja yang semoga bisa membantu kalian yang masih kesulitan dalam memahami materi Penjaskes yang satu ini.

Penjelasan Lengkap Tenis Meja Penjaskes


Permainan tenis meja merupakan permainan yang dilakukan secara perorangan dan ganda dan membutuhkan kerjasama yang baik dalam tim, yang dilakukan di lapangan yang berbentuk persegi panjang (Meja). Didalam suatu pertandingan bulutangkis terdapat permainan tunggal putra dan tuggal putri, dan ada pula permainan ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. 


Materi Lengkap Penjaskes Tenis Meja
Materi Lengkap Penjaskes Tenis Meja


Di dalam suatu pertandingan bulutangkis terdiri dari tiga set, setiap set tidak dibatasi dengan waktu melainkan dengan sekor, untuk pemain yang mendapat sekor 21 (11 poin game yang baru) itu pemenangnya, dan permainan ini dipimpin oleh 1 wasit utama, untuk sistem penghitungan sekor menggunakan sistem rally poin (penghitungan cepat). 

Di sini wasit mempunyai hak yang mutlak dan tidak bisa diganggu gugat dalam memurtuskan sah atau tidak dalam penghitungan poin dan memutuskan suatu pelanggaran yang terjadi di dalam pertandingan.Permainan ini menggunakan teknik dasar yang bervariasi, dalam permainan ini ada beberapa teknik dasar yaitu : teknik memeggang bet, pukulan servis, pukulan forehand, pukulan backhand, pukulan smash/sping dan pola permainan dengan menkombinasikan teknik dasar.

Peraturan - Peraturan dalam Tenis Meja

Single :

a.  Pertandingan menggunakan hitungan 11 point dengan dua kali service bergantian
b.   Game finish/menang 03 set
c.  Service bola dilambungkan
d.   Service menyentuh net diulang tanpa batas
e.   Service bola tidak mengenai bats maka point buat lawan
f.    Bats menyentuh meja dinyatakan boleh/tidak dis
g.   Disaat bola berjalan tidak boleh bersuara
h.   Disaat bola berjalan tangan memegang meja dinyatakan point buat lawan
i.    Bola menyentuh pinggir/samping meja dinyatakan masuk
j.    Apabila bola basah maka service diulang
k.   Disaat bola berjalan bola mengenai jari tangan yang memegang bat dinyatakan sah/boleh

Double
a.   Sama dengan peraturan singe diatas
      b.   Service dikotak sebelah kanan kearah sebelah kanan lawan dan jika masuk kesebelah kiri lawan    
            point buat lawan




Untuk lebih jelasnya dalam pertemuan ini kita akan melakukan cara pukulan backhand, dan pukulan sping, dan lebih jelasnya  kita lihat gambar dibawah ini dan cermatilah cara untuk melakukan teknik dasar ini.


Cara melakukan pola penyerangan  :
  1. Dalam pola permainan sebenernya kita mengkombinasi teknik dasar dengan taktik/penempatan bola atau shuttle cock
  2. Lakukanlah teknik ini dalam suatu permainan tenis meja


Sekian Materi Lengkap Penjaskes Tenis Meja ini semoga kalian semakin lebih memahami materi penjaskes ini dan bisa meraih nilai yang memuaskan saat ualangan harian maupun semester kelak. Teruslah belajar jangan mudah putus asa dalam menggapai cita-cita kalian.


Previous
Next Post »