Materi Lengkap Tentang Renang Gaya Crawl dan Renang Gaya Katak

Materi Lengkap Tentang Renang Gaya Crawl dan Renang Gaya Katak - Kalian tentu pernah melihat orang berenang. Tetapi saya yakin ada di antara kalian yanng hanya bisa melihat tetapi belum bisa berenang. Tenang saja renang adalah olahraga yang sangat mudah. Intinya kalian harus sering melatih dan membiasakan diri. Dalam penganmbilan nilai Penjaskes materi praktek renang adalah materi yang sering mengalami penurunan nilai rata-rata.


Materi Lengkap Tentang Renang Gaya Crawl dan Renang Gaya Katak
Materi Lengkap Tentang Renang Gaya Crawl dan Renang Gaya Katak

Hal ini mungkin disebabkan oleh banyaknya siswa-siswi yang masih belum bisa berenang. Renang adalah cabang olahraga yang sangat penting. Bayangkan ketika kalian sedang bermain-main di pantai dan tanpa kalian sadari air pantai mulai naik. Kalian panik untuk harus pergi ke pinggir pantai. Tentu dalam keadaan tersebut kalian harus bisa berenang. Inilah manfaat bisa berenang 

Pada kesempatan ini saya akan memberikan Materi Lengkap Tentang Renang Gaya Crawl dan Renang Gaya Katak kepada kalian agar kalian bisa memahami serta mempraktekkannya di kolam ataupun di pantai. Jadi kalian tidak akan panik lagi ketika sewaktu-waktu air pantai naik toh kalian sudah bisa berenang. 


Penjelasan Lengkap Materi Renang

          Pada dasarnya renang terdapat 4 gaya yaitu, renang gaya crawl/bebas, gaya katak/dada, gaya terlentang dan gaya dolphin/gaya punggung. Olahraga ini membutuhkan keterampilan dari masing-masing individu dan daya tahan paru jantung yang baik. Olahraga renang sangatlah baik untuk menjaga kesehatan terutama kesehatan pernapasan, sehingga banyak orangtua, orang dewasa, remaja dan bahkan anak-anak kecil yang berumur 7-11 tahun sudah belajar renang, selain untuk kesehatan olahraga ini juga untuk prestasi.

            Didalam teknik olahraga renang sangatlah bervariasi dari macam-macam gerakan dari masing-masing gaya sangatlah berbeda, sehingga kita membutuhkan kedisiplinan berlatih untuk menguasi satu persatu gerakan dari masing-masing gaya. Didalam perlombaan renang ada beberapa nomor/gaya renang, untuk yang sering diperlombakan adalah renag gaya crawl dan gaya dolphin/gaya punggung dengan panjang lintasan 50 meter.



Langkah - Langkah dalam Belajar Renang

Cara melakukan teknik dasar gaya katak :  

  1. Berdiri ditepi kolam dan kaki kanan/kiri kita angkat dengan ditekuk 45 derajat dan ditempelkan di tembok kolam renang
  2. Setelah itu kaki kanan/ kiri yang menempel di tepi kolam sebagai tumpuan tolakkan untuk awalan meluncur
  3. Setelah kita meluncur kita melakukan gerakan kaki naik-turun dengan kedua kaki slaing bergantian
  4. Gerakan kaki  ditekuk kemudian kita buka lebar dan dorong sekuat tenaga secara bersamaan,gerakan kaki ini hampir menyerupai gerakan katak saat di air.
  5. Setelah itu kombinasikan gerakan kaki dan ayunan tangan gaya katak (gerakan kedua tangan semuala lurus sejajar di depan kemudian kita bbuka selebar bahu dan tarik ke samping tubuh secara bersamaan dan kedua tangan ketemu lagi di bawah dada dan kita dorong ke depan seperti semula ), setelah dikoordinasikan kedua gerakan tersebut maka kita tinggal mennoleh ke kanan/kiri untuk mengambil pernapasan gaya crawl


Semoga dengan adanya Materi Lengkap Tentang Renang Gaya Crawl dan Renang Gaya Katak ini kalian bisa lebih banyak memahami renang terutama mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Karena praktek ini lebih penting daripada hanya sekedar teori.


Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
Anonymous
AUTHOR
April 26, 2016 at 5:59 AM delete

Bagus tips.a buat ane yang gak bisa renang Thankz gan info.a

Reply
avatar