Materi Penjelasan Lengkap Lempar Cakram Penjaskes

Materi Penjelasan Lengkap Lempar Cakram Penjaskes - Kalian mungkin pernah melihat kakak keals kalian tahun lalu melakukan olahraga lempar cakram. Nah, sekarang kalian sebentar lagi akan ulangan praktek lempar cakram dalam mata pelajaran Penjaskes. Tetapi saat ini kalian belum mengetahui apa itu dan bagaimana cara melakukan lempar cakram. Maka pada kesempatan ini saya akan memberikan Materi Penjelasan Lengkap Lempar Cakram Penjaskes ini supaya kalian mengetahui jelas tentang lempar cakram dalam Penjaskes.



Materi Penjelasan Lengkap Lempar Cakram Penjaskes
Materi Penjelasan Lengkap Lempar Cakram Penjaskes

Dalam mempelajari lempar cakram yang perlu kalian siapkan adalah otot tangan. Ya berhubung dengan melempar sudah pasti berhubungan dengan kekuatan tangan. Semakin kuat otot tangan kalian maka semakin jauh lemparan cakram kalian. Jika kalian ingin jago dalam lempar cakram kalian harus sering berlatih di tempat yang luas seperti di lapangan. Berikut Materi Penjelasan Lengkap Lempar Cakram Penjaskes.

Penjelasan Lengkap Materi Lempar Cakram Penjaskes

Olahraga perorangan ini sangat membutuhkan skill/keterampilan dari masing-masing individu, karena dalam cabang olahraga lempar cakram awalan menyamping yang diandalkan hanyalah diri-sendiri bukan teman atau oarang lain dan ini membutuhkan mental yang kuat serta latihan yang disiplin. 
Olahraga ini sering dilakukan  di suatu lapangan yang berbentuk limgkaran dan luas, untuk mengukur jarak lemparan cakram yang jatuh ke lapangan, yang dihitung adalah dari hasil pertama kali jatuhnya cakram tersebut dan untuk gerakan  kaki tidak boleh melebihi batas lingkaran.

 jika gerakan  kaki melebihi lingkaran maka dinyatakan dis dan mengulang kembali dengan 3x kesempatan setiap atlet/peserta. Yang  dipimpin oleh 1 wasit utama dan 2 wasit pembantu sebagai pencatat skor dan mengukur hasil lompatan. 

Olahraga  ini menggunakan teknik dasar yang bervariasi, dalam permainan ini ada beberapa teknik dasar yaitu : memegang cakram, teknik awalan dan  melempar (menyamping dan memutar)



Cara Melakukan Teknik Melempar Cakram Awalan Memutar




  1. Kita berdiri dengan kaki selebar bahu,membelakangi arah lapangan/lingkaran
  2. Kemudian tangan kanan memegang cakram kecuali kidal sebaliknya, dan kita pegang cakram dengan jari-jari terbuka lebar,seolah-olah cakram kita tempelkan di atas pergelangan tangan, atau  lengan bawah
  3. Tangan kanan yang memegang cakram kita ayunkan kebelakang samping badan kita, setelah 2x ayunan, ayunan ke 3 kita melakukan gerakan memutar kekiri dengan tangan kanan sebagai penyeimbang gerakan memutar
  4. Setelah memutar satu kali maka kita lemparkan cakram tersebut sekuat mungkin ke depanarah sudut lapangan lempar cakram
  5. Dengan hasil lemparan yang baik adalah putaran cakram searh jarum jam
  6. Dan kaki kanan diangkat tetapi menahan agar tidak jatuh atau keluar lapangan (untuk keseimbangan / gerak lanjutan)
  7. Dan perlu diperhatikan kaki tidak boleh melewati batas garis lingkaran/lapangan tolak peluru


Semoga dengan adanya Materi Penjelasan Lengkap Lempar Cakram Penjaskes ini kalian bisa lebih memahami dan menguasai apa itu Lempar Cakran dalam Penjaskes dan bagaimana cara melakukan lempar cakram. Terimakasih telah membaca Materi Penjelasan Lengkap Lempar Cakram Penjaskes.
Previous
Next Post »