Pengertian Wawancara, Merangkum Hasil Wawancara, Bentuk - Bentuk Laporan Wawancara, Contoh Wawancara

Pengertian Wawancara, Merangkum Hasil Wawancara, Bentuk - Bentuk Laporan Wawancara, Contoh Wawancara - Sebagian besar dari kalian saya rasa sudah mengetahui apa itu pengertian wawancara. Karena dalam praktek kehidupan sehari-hari klain tentu sudah pernah bergaul dengan teman-teman yang lain. Dalam setiap pergaulan itulah tentu kita akan ada timbal balik antara yang bertanya dengan yang menjawab. Kehidupan ini adalah isinya hanya wawancara. Mengapa ? Coba peratikan dalam kehidupan kita sehari-hari pasti kita selalu bertanya kepada teman kita dan pasti teman akan memberikan jawaban. 


Pengertian Wawancara, Merangkum Hasil Wawancara, Bentuk - Bentuk Laporan Wawancara, Contoh Wawancara
Pengertian Wawancara, Merangkum Hasil Wawancara, Bentuk - Bentuk Laporan Wawancara, Contoh Wawancara



Ya itulah saya katakan bahwa hidup ini isinya selalu wawancara. Pada saat kelas XI SMA/MA/MK kalian akan mempelajari materi Bahasa Indonesia tentang Pengertian Wawancara, Merangkum Hasil Wawancara, Bentuk - Bentuk Laporan Wawancara, Contoh Wawancara. Kalau pengertian wawncara saya rasa kalian sudah mengetahui. Tetapi salah satu yang mungkin jarang kalian ketahui adalah adalah bagaimana bentuj-bentuk wawancara itu. 

Selain bentuk-bentuk wawancara, kalian juga harus bisa merangkum hasil wawancara. Banyak dari kita mewawancarai narasumber tetapi malah tidak bisa merangkum hasil wawancara. Kebanyakan kita merangkum hasil wawancara adalah hal-hal yang tidak sebenarnya inti dari wawancara. Oleh karena itu pada kesempatan ini saya akan memberikan tekhnik-tekhnik merangkum hasil wawancara dengan memberikan Pengertian Wawancara, Merangkum Hasil Wawancara, Bentuk - Bentuk Laporan Wawancara, Contoh Wawancara.


1. Pengertian Wawancara

Wawancara merupakan salah satu kegiatan berbahasa dalam bentuk tanya jawab untuk  mencari informasi atau data-data kepada narasumber secara lisan. Narasumber adalah orang yang dipilih karena keahliannya, kepandaiannya, dan lebih paham mengenai topik yang diangkat dalam wawancara. Kali ini, kamu akan berlatih untuk mendengarkan sebuah wawancara, kemudian merangkum isi dan informasinya. Lantas bagaimana caranya? Mari kita pelajari bersama!

2. Merangkum Hasil Wawancara

Hasil laporan wawancara dapat kamu rangkum dengan baik, asalkan kamu memahami langkah-langkahnya. Langkah-langkah merangkum hasil wawancara antara lain sebagai berikut.


a. Tulislah dahulu identitas narasumber dan si pewawancara.

b. Simaklah dengan saksama penjelasan narasumber.

c. Pahamilah pokok-pokok informasi yang penting dari narasumber. Biasanya informasi pokok tersebut diucapkan  narasumber dengan tekanan lambat namun jelas. Oleh karena itu, kamu harus jeli ketika menyimak.

d. Buatlah pokok-pokok  garis besar informasi wawancara menjadi kerangka uraian informasi.

e. Dari kerangka tersebut kembangkan  menjadi bentuk rangkuman wawancara yang informatif, jelas, dan mudah dipahami orang lain.

3. Bentuk - Bentuk Laporan Wawancara


Bentuk penulisan laporan hasil wawancara ada tiga macam. Bentuk tersebut adalah bentuk penulisan dialog, bentuk uraian, dan bentuk gabungan (dialog dan uraian). Bentuk dialog adalah bentuk yang mempertahankan keaslian dari kalimat pertanyaan dan kalimat jawaban dari narasumber. Bentuk uraian adalah bentuk yang berupa naratif dari narasumber. Penulis harus pandai mendeskripsikan seluruh jalannya wawancara. Bentuk gabungan (dialog dan uraian) merupakan bentuk yang sering digunakan dalam laporan berita. 


Bentuk laporan jenis ini, penulis menampilkan sesuai keadaan asli dalam bentuk langsung. Tutuplah buku pelajaranmu, dengarkanlah dari VCD tentang wawancara yang diputarkan oleh guru. Namun, jika tidak ada dengarkanlah pembacaan teks wawancara berikut yang akan dibacakan oleh dua orang temanmu!


4. Contoh Wawancara 

Agar pemahaman kalian tentang wawancara semakin mudah dan bagus maka ada baiknya saya memberikan Contoh Wawancara. Dengan adanya contoh wawancara tentu kalian akan lebih mudah dalam mengaplikasikan materi tentang wawancara. Berikut Contoh Wawancara.



Lely Tobing
Air Putih dan Senam Otak (Brain Gym)


Sukses menerapkan brain gym (senam otak) pada Marco anaknya, Lely lalu menerapkannya di Twinkly Stars sejak 2005. ‘’Waktu saya terapkan ke anak saya dan ternyata jalan, saya pikir, untuk anak-anak usia dini mungkin akan sangat membantu, saya bilang sama guru-guru, yuk kita coba,’’ ujar pemilik nama lengkap Lely Aromawati Tobing ini.


Anda telah berkeliling ke banyak kota di Indonesia memberikan pelatihan brain gym. Bagaimana pengalaman Anda? Pengalaman saya, yang pasti ibu-ibu kelihatannya antusias. Memang pesertanya ibu-ibu usia 28-35 tahun. Ada yang lebih muda, tapi tidak banyak. Ada juga beberapa peserta yang ikut terus. Ini kan berpindah- pindah, itu datang terus. Saya senang. Tapi, saya selalu katakan di akhir acara, karena keterbatasan waktu, saya bilang, ada kok bukunya. Yang penting saya bagikan kepada mereka tipsnya. Lakukan berulang-ulang, jangan dipaksakan.
Lakukan dengan nyaman, dengan rileks. Toh, intinya lebih pada waktu yangberkualitas dengan anak. Dan, itu sudah saya terapkan ke anak saya.

Anda belajar brain gym di mana?

Teman saya yang menganjurkan saya memakai brain gym untuk anak saya Marco, sekolahnya juga baru menerapkan brain gym. Akhirnya saya ikut work-shop-nya. Kebetulan workshop itu dilakukan di Jakarta, tapi di-organisir oleh institusi dari luar negeri. Ini pun tidak selalu ada. Kadang-kadang, kalau kita mau memperdalam ilmu kita, harus ke Australia, ke Singapura, untuk
mendukung brain gym ini. Terus, saya terapkan ke anak saya. Pokoknya sebelum belajar kita lakukan dulu, habis itu belajar.

Saat diterapkan ke anak Anda, bagaimana hasilnya?
Instan, langsung saya lihat. Fokusnya membaik, terus untuk hafalan saya tanya,dia bisa jawab. Tapi, tidak bisa dua jam. Saya lihat mulai blank lagi, saya lakukan lagi. Saya ulang lagi proses itu. Nanti dia akan membaik untuk jangka waktu tertentu.


Tapi, kan lewat dua jam anak Anda tak bisa fokus lagi?
Tidak sampai dua jam. Kadang-kadang kurang, kalau dia lagi capek atau tidak terlalu suka dengan pelajarannya. Tapi, kan tidak ada pilihan. Pelajaran itu semua harus dihadapi. Jadi, saya harus ulang lagi, mungkin 3-4 kali dalam waktu dua jam itu. Saya selalu siapkan air putih, karena dua per tiga dari tubuh kita mengandung air kan. Jadi, air putih itu bisa menambah energi, paling tidak bisa mengantar energi lebih cepat ke anak, jadi rileks. Itu saya biasakan. Tidak boleh
minum teh manis, teh botol. Air putih, selama dia belajar.


Anda sudah memiliki berapa gerakan brain gym ini?
Brain gym ini sebenarnya juga ilmu terapan dari beberapa bidang ilmu, salah satunya dari Jin Shia Tsu. Itu ilmu pengobatan Timur. Mulanya lebih concern membantu anak-anak yang kesulitan dalam belajar. Misalnya, kenapa anak tidak bisa fokus, tidak bisa konsentrasi. Dari situlah baru dikembangkan metode ini.
Nah, di Twinkly Stars Early Childhood Centre, kami kembangkan lagi. Jadi, kami tidak menyebutnya hanya brain.


Setelah menerapkannya di Twinkly Stars, bagaimana respons para orang tua siswa?
Karena brain gym ini kita terapkan di sekolah dari tahun 2005, semenjak saya mengambil kursus, mereka sendiri bisa melihat bahwa anak-anaknya yang usia 4-6 tahun enjoy melakukannya. Ada yang mengajari orang tuanya. Sementara booming senam otak ini di Indonesia kan 2007.


Setelah mengelola Twinkly Stars ini, apa lagi yang akan Anda lakukan?
Saya ingin memperdalam lagi pengetahuan saya dalam ilmu pendidikan dasar. Saya ingin buat SD, kelanjutan dari sekolah ini, menanggapi keinginan orang tua, dengan pendidikan yang terjangkau. Kalau seandainya semuanya baik, kalau Tuhan memberikan saya semuanya dengan baik, mudah-mudahan 2009 saya bisa punya SD.




1.      Siapakah narasumber dalam kegiatan wawancara di atas?
2.      Tuliskan kelebihan atau keistimewaan dari narasumber di atas!
3.      Apa yang kamu ketahui tentang brain gym?
4.      Coba kamu tulis beberapa daftar pertanyaan yang diajukan si pewawancara terhadap narasumber!
5.      Menurutmu, bagaimana jika di sekolahmu diadakan pelatihan brain gym? Berikan penjelasanmu!



 Semoga dengan adanya Pengertian Wawancara, Merangkum Hasil Wawancara, Bentuk - Bentuk Laporan Wawancara, Contoh Wawancara ini kemampuan kalian dalam memahami dan menguasai materi Bahasa Indonesia tentang wawancara lebih maksimal dan tentu ini akan sangat bermanfaat bagi kalian pada saat sudah melangkah di jenjang yang lebih tinggi. Karena materi wawancara ini akan sangat sering kalian gunakan kelak. Terimakasih telah membaca Pengertian Wawancara, Merangkum Hasil Wawancara, Bentuk - Bentuk Laporan Wawancara, Contoh Wawancara.
Previous
Next Post »