Cara Membawa Berita Yang Baik dan Benar dan Contoh Teks Berita

Cara Membaca Berita Yang Baik dan Benar dan Contoh Teks Berita - Kalian tentu pernah menonton berita di TV atau mendengar berita melalui radio. Mungkin kalian tidak mengetahui bagaimana beratnya menjadi seorang pembawa berita. Kita hanya menonton mereka setelah melalui latihan panjang dan lama. Di beberapa stasiun televisi tidak sedikit pembawa acara berita yang salah dalam membacakan berita baik dari intonasi maupun pengucapan teks berita. Bagi kalian yang ingin berlatih silahkan membaca Cara Membaca Berita Yang Baik dan Benar dan Contoh Teks Berita berikut di bawah ini. 


Cara Membawa Berita Yang Baik dan Benar dan Contoh Teks Berita
Cara Membawa Berita Yang Baik dan Benar dan Contoh Teks Berita


1. Cara Membaca Berita yang Baik dan Benar

 

Agar penampilanmu saat membaca berita bagus, perhatikanlah hal-hal berikut ini.

a. Intonasi
Intonasi disebut juga lagu kalimat. Membaca suatu teks apalagi teks berita, memerlukan ketepatan dan kecermatan pada setiap kata dan kalimatnya. Kamu harus bisa mengatur volume suara, memilih kata/kalimat mana yang disuarakan dengan penekanan, keras, lemah, atau lembut.


b. Irama
Irama adalah ritme atau gerakan tempo suara saat membacakan berita. Perhatikanlah pembacaan kata/kalimat yang perlu diucapkan dengan irama naik, turun, atau datar sesuai pemenggalan suku kata, kata, atau kalimat. Unsur penjedaan juga perlu kamu perhatikan. Penjedaan, yaitu ketepatan
dalam menghela atau menarik nafas sehingga tidak memotong ucapan.


c. Artikulasi
Artikulasi yaitu proses pembentukan bunyi (pengucapan kata). Kamu harus mengucapkan suatu kata secara benar. Misalnya pengucapan /bebek/, /esok/,   /emas/ sangat berbeda. 


d. Lafal
Ucapkanlah lafal kata yang benar, perhatikan unsur vokal yaitu [a, i, u, e, o, I, ny, ng], dan sebagainya. Seorang pembaca berita sebisa mungkin menghindari unsur dialek. Dialek adalah ciri khas ujaran yang dimiliki seseorang dalam suatu daerah dan umum dipakai di daerah tertentu.


e. Volume suara
Volume adalah tingkat kekuatan dan kenyaringan suara saat mengucapkan kata. Volume suara juga perlu kamu perhatikan. Keras-lemahnya suara serta kenyaringan suara diukur oleh pembaca berita. Pembacaan berita kamu tentu akan lebih baik jika kamu memerhatikan unsur- unsur di atas.


2. Contoh Teks Berita


Agar kalian bisa berlatih dengan mengikuti langkah-langkah Cara Membaca Berita yang Baik dan Benar di atas silahkan kalian uji kemampuan membaca berita kalian. Suruhlah teman kalian untuk menilai penampilan kalian. Berikut Contoh Teks Berita.



Terbuka Hijau di Jakarta Kian Menyusut


Awal bulan Februari lalu menjadi hari kelabu warga Jakarta dan sekitarnya. Sebagian wilayah ini tergenang hingga satu meter lebih. Imbasnya tak hanya bagi warga, namun sebagian warga lainnya semisal Depok, Bogor, Bekasi, dan Tangerang baik langsung maupun tidak.


Mereka tidak bisa masuk Jakarta dan sebaliknya, tidak bisa kembali ke rumahnya karena beberapa ruas jalan putus tergenang air, dan sulit dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat. Tak hanya itu, Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng, Tangerang, lumpuh hingga lima jam. Ribuan calon penumpang maupun penumpang yang baru tiba di Jakarta, tertahan di bandara. Arus lalu lintas di ruas Jalan Tol Sedyatmo yang tiap harinya dilewati 200 ribu kendaraan dibuat mati total.


Sejumlah pasar tradisional tutup, ratusan sekolah diliburkan. Demikian juga pusat perkantoran serta aktivitas bisnis maupun perekonomian ikut ‘tenggelam’ sejenak. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta rombongan pun ikut terjebak dalam genangan air saat kendaraan dinasnya tertahan di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI).


Dunia internasional terhentak melihat fenomena alam yang menggiriskan hati itu. Kerja keras pemerintah dalam menggelar even Visit Indonesia Year 2008 seakan tertampar, jika calon wisatawan asing membatalkan kunjungannya ke Indonesia ketika mengetahui gerbang utama ke Indonesia terseok-seok lantaran banjir.


Gubernur DKI, Fauzi Bowo melaporkan, kerugian akibat banjir itu mencapai Rp 10 miliar. Kerugian tersebut belum ter- masuk kerugian yang diderita PT KA Daops I Jabodetabek, PT Jasa Marga (Persero) maupun perusahaan, serta pusat per- kantoran yang terganggu akibat banjir. Banjir di Jakarta pecan kemarin membuktikan, jika banjir tersebut nyata akibat kerusakan drainase serta berkurangnya area resapan air akibat ‘terdegradasi’ gedung-gedung pencakar langit maupun pusat perbelanjaan. ‘’Ini memang banjir akibat drainase di sekitar bandara serta di sejumlah wilayah rusak, dan bukan akibat banjir kiriman,’’ papar gubernur, dalam rapat koordinasi penanganan banjir.

Semoga dengan adanya Cara Membawa Berita Yang Baik dan Benar dan Contoh Teks Berita ini kalian semakin mampu meningkatkan kemampuan membaca berita kalian dengan baik dan benar sehingga para pendengar berita menjadi senang mendengar berita yang kalian sampaikan. Teruslah latih diri kalian membaca berita melalui contoh teks berita. Semoga dengan latihan yang giat kalian mampu membaca berita dengan baik dan benar. Terimakasih telah membaca Cara Membawa Berita Yang Baik dan Benar dan Contoh Teks Berita.
Previous
Next Post »