Pengertian Resensi, Langkah - Langkah Meresensi Novel, dan Contoh Resensi Novel

Pengertian Resensi, Langkah - Langkah Meresensi Novel, dan Contoh Resensi Novel - Saya yakin teman-teman sudah mengetahui apa itu pengertian resensi. Pada kesempatan yang lalu saya pernah membahas tentang meresnsi buku. Pada kesempatan saya akan memberikan Pengertian Resensi, Langkah - Langkah Meresensi Novel, dan Contoh Resensi Novel kepada teman-teman. Mungkin saat-saat ini kalian sedang diberi tugas oleh bapak / ibu guru dalam meresensi novel.


Pengertian Resensi, Langkah - Langkah Meresensi Novel, dan Contoh Resensi Novel
Pengertian Resensi, Langkah - Langkah Meresensi Novel, dan Contoh Resensi Novel

 
Sebagian besar dari kalian pasti sangat suka membaca novel. Ada yang suka novel tentang cinta, persahabatan, dan lain sebagainya. Tetapi apakah kalian sudah bisa meresensi sebuah novel ? Apakah kalian sudah mengetahui apa saja langkah-langkah dalam meresensi novel ? Untuk menjawab kegalauan kalian maka akan saya berikan contoh resensi novel. Dengan adanya contoh resensi novel ini tentu akan semakin memudahkan kalian dalam meresensi sebuah novel. Untuk lebih jelas tentang resensi novel simaklah Pengertian Resensi, Langkah - Langkah Meresensi Novel, dan Contoh Resensi Novel berikut ini.


1. Pengertian Resensi

Resensi adalah ulasan yang berisi pertimbangan, penilaian, atau penjelasan tentang kualitas suatu buku atau karya.  Resensi buku ada yang berupa resensi buku fiksi dan buku nonfiksi. Kali ini kamu diminta untuk meresensi jenis fiksi bentuk novel.


Meresensi novel artinya kegiatan menilai kualitas suatu karya sastra jenis novel ditinjau dari kelebihan atau kekurangan yang ada pada novel.  Bagaimana langkah- langkah meresensi sebuah novel? Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan meresensi buku umum, yang membedakan adalah tinjauannya, yaitu dari segi sastra.


2. Langkah - Langkah Meresensi Novel

Langkah-langkah meresensi novel antara lain sebagai berikut.

a.Baca dengan penuh pemahaman novel yang akan kamu resensi.

b. Carilah informasi tentang pengarangnya, latar belakang, prestasi, atau pendidikannya.

c.Analisislah unsur-unsur yang akan dibuat resensi dalam novel tersebut, terdiri atas berikut ini.

1)Identitas buku, meliputi: judul novel, pengarang, editor, penerbit, tahun terbit, kota penerbit, jumlah halaman, dan harga buku.

2)Ulasan, berisi uraian kelebihan dan kekurangan novel tersebut secara objektif.

3)Unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dapat kamu ungkapkan pada bagian ini. Sinopsis cerita diuraikan pokok-pokoknya.

4)Analisis pula aspek bahasa dan penyajian novel tersebut.



3. Contoh Resensi Novel

 


Pengertian Resensi, Langkah - Langkah Meresensi Novel, dan Contoh Resensi Novel




Judul Buku: Perahu Kertas
Penulis: Dee (Dewi Lestari)
Penerbit: Bentang Pustaka dan Truedee Pustaka Sejati
Tahun Terbit: 2012, Juli; cetakan ke-15
Jumlah Halaman: 444 halaman
Harga: Rp69.000,-


Tak satu pun di antara kita bisa mengatur apa yang akan terjadi nanti, hari ini, atau besok. Termasuk pertemuan kecil antara Kugy dan Keenan. Dua manusia beda karakter itu tak menyadari, banyak hal-hal ajaib menanti setelah pertemuan tersebut.


Diceritakan, Kugy adalah gadis mungil yang hobi berkhayal. Dia sangat suka menuliskan dongeng ciptaannya yang bagi orang lain merupakan hobi tak lazim. Belum lagi kegemarannya menulis surat kepada Dewa Neptunus. Surat tersebut dilipat menjadi perahu kertas dan dihanyutkan di sungai atau laut. Kugy menganggap dirinya seorang agen Neptunus.

Sedangkan Keenan digambarkan sebagai sosok yang cerdas. Kesukaannya di bidang melukis tidak mendapat restu dari ayahnya. Dia justru diarahkan ke bidang bisnis untuk meneruskan perusahaan ayahnya. Berdua, Kugy dan Keenan menjalin persahabatan. Mereka berbagi mimpi dan saling mendukung. Acara nonton bareng atau makan sepulang kuliah jadi rutinitas wajib bersama dua sahabat mereka, Noni dan Eko. Perasaan berbeda mulai muncul di antara Keenan dan Kugy. Namun, mereka berdua memilih menyimpan perasaan tersebut. Apalagi, saat itu Kugy sudah punya pacar.

Konflik mulai muncul di sini. Karena kesalahpahaman, persahabatan Noni dengan Kugy nyaris dikorbankan. Selain itu, ada saja hal-hal yang menghalangi perasaan Keenan dan Kugy. Keduanya harus terpisah beberapa waktu.


Ikuti Jejak si Agen Neptunus Meraih Kebahagiaan
Yakin dengan Kata Hati


Karena hanya bersama kamu, segalanya terasa dekat, segala sesuatunya ada, segala sesuatunya benar. Dan Bumi hanyalah sebutir debu di bawah telapak kaki kita.


Bait tersebut adalah potongan puisi Kugy untuk Keenan di salah satu bagian Perahu Kertas. Rasanya, memang tidak ada yang salah dengan usaha menggapai mimpi. Para bookaholic sepakat bahwa hidup berasal dari mimpi.


Wildan Bagus Aditya, Merlin Dwi Yunaniar, Anisah Fathinah, Gadhis Richi Andita, dan Yanuar Satria Putra kagum dengan jalan yang berani diambil Kugy serta Keenan untuk mempertahankan impian mereka.


Cerita yang dimulai dengan pertemuan Kugy dan Keenan tersebut membuat para bookaholic ikut tersenyum dalam diskusi sore itu. “Salut sama Kugy. Sebagai cewek, dia sama sekali nggak jaim. Bener-bener tipikal cewek yang unik. Berantakan, tapi cantik,” ujar Adit, sapaan akrab Aditya, membuka percakapan.


Ucapan Adit tersebut langsung mendapat respons dari Merlin Dwi Yunaniar atau yang akrab disapa Merlin. “Menurut aku, Kugy sama Keenan sama-sama unik. Bayangin aja, kok bisa gitu ya. Keenan klop sama Kugy yang ngaku-ngaku bahwa dia adalah agen 



Semoga dengan adanya Pengertian Resensi, Langkah - Langkah Meresensi Novel, dan Contoh Resensi Novel ini kalian semakin memahami apa itu resensi, bagaimana langkah-langkah dalam meresensi novel. Dengan begini semoga tugas kalian tentang resensi novel bisa terselesaikan. Amin. Terimakasih telah membaca Pengertian Resensi, Langkah - Langkah Meresensi Novel, dan Contoh Resensi Novel.
Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments