Cara Mudah Membacakan Puisi Karya Sendiri dan Contoh Puisi Karya Sendiri

Cara Mudah Membacakan Puisi Karya Sendiri dan Contoh Puisi Karya Sendiri - Kalian tentu pernah disuruh membuat puisi oleh ibu guru atau bapak guru bukan ? Nah, setelah puisi yang kalian buat itu jadi tinggal bagaimana cara membacakan puisi karya kalian itu kepada orang lain dengan baik dan bagus. Beberapa di antara kalian mungkin akan sangat senang dan bersemangat membacakan puisi karya sendiri kepada teman-teman lain karena sudah tahu bagaimana cara membaca puisi yang bagus dan baik. Bagi kalian yang masih grogi dalam membacakan puisi karya sendiri pada kesempatan ini saya akan memberikan Cara Mudah Membacakan Puisi Karya Sendiri dan Contoh Puisi Karya Sendiri.



Cara Mudah Membacakan Puisi Karya Sendiri dan Contoh Puisi Karya Sendiri
Cara Mudah Membacakan Puisi Karya Sendiri dan Contoh Puisi Karya Sendiri




Cara Mudah Membacakan Puisi Karya Sendiri



Pada pelajaran sebelumnya, kamu telah berlatih membacakan puisi lama Indonesia dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang baik. Sekarang, kamu akan berlatih membacakan puisi karya sendiri. Pernahkah kamu menulis puisi ? Mengasyikkan bukan? Menulis puisi merupakan kegiatan yang menyenangkan.


Seseorang dapat mencurahkan pikiran dan perasaannya dengan imajinasi dan penggunaan bahasa yang bebas. Penulis dapat dengan leluasa menggunakan pilihan kata dan gaya bahasa yang sesuai dengan pencurahan emosi dan jiwanya. Oleh karena itu, bukalah kembali puisi yang pernah kamu buat !


Membacakan puisi hasil karya sendiri akan lebih mudah, baik lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresinya karena semua isi, nada, suasana, dan gaya yang terdapat dalam puisi yang dibacakan merupakan curahan emosi dan jiwa sendiri. Hal ini akan berbeda dengan membacakan puisi orang lain. Kita harus memahami, menghayati isi, nada, suasana, dan gaya orang lain. Oleh karena itu, coba bacakan puisi yang kamu buat sendiri.


Sebagai bahan latihan, mintalah teman-temanmu untuk membacakan puisi-puisi berikut! Perhatikanlah pembacaan puisi tersebut dari segi lafal, intonasi, penghayatan, dan ekspresinya !




Contoh Puisi Karya Sendiri




Kepada ‘A’


                                                                                                                                    Karya Abu


Mungkin takkan pernah sampai
Gelisah yang terkirim lewat mimpi dan angin
Pada siapa rindu kupacu
Pada apa dendam kusimpan
Dari tikaman manik matamu



Perjumpaan

                  
                                                                                                                                       Karya Abu
Sapalah segala yang ada
Setelah hujan membasahi senja
Dan menyiapkan kaca
Ternyata kita belum terlalu lelah
Membicarakan cinta
Yang sembunyi dibalik mega-mega



Kicau Burung
   

                                                                                                                                         Karya Abu


Kicau burung yang menyusup lewat
sela daun mangga bersama hangatnya
mentari pagi :
adalah sebuah misteri
pada siapa rindu kubagi
Kicau burung yang menggetarkan ibaku
dan terbang entah kemana:
adalah sebuah duka
yang tertinggal dari kibasan
sayap lukanya.


Sumber: http://cerpenonline.multiply.com/journal/item/1479





Semoga dengan adanya Cara Mudah Membacakan Puisi Karya Sendiri dan Contoh Puisi Karya Sendiri ini kalian akan semakin mudah dalam menguasai serta memahami bagaimana cara membaca puisi karya kalian sendiri dengan cara yang baik dan benar. Serta dengan adanya contoh puisi karya sendiri di atas kalian akan semakin mudah dalam membuat puisi. Terimakasih telah membaca Cara Mudah Membacakan Puisi Karya Sendiri dan Contoh Puisi Karya Sendiri.
Previous
Next Post »