Pengertian Menulis Laporan Hasil Diskusi dan Contoh Laporan Diskusi dengan Notula dan Daftar Hadir

Pengertian Menulis Laporan Hasil Diskusi dan Contoh Laporan Diskusi dengan Notula dan Daftar Hadir - Kita tentu pernah melaksanakan diskusi bersama kelompok kita. Seusai diskusi kalian tentu harus menulis laporan hasil diskusi. Tetapi tahukah kalian Cara Menulis Laporan Hasil Diskusi ? Saya rasa di antara kalian ada yang tahu tetapi juga banyak yang belum mengetahuinya. Saya akan memberikan kalian contoh laporan diskusi agar kalian lebih mudah dalam memahaminya. Berikut Pengertian Menulis Laporan Hasil Diskusi dan Contoh Laporan Diskusi dengan Notula dan Daftar Hadir.



Pengertian Menulis Laporan Hasil Diskusi dan Contoh Laporan Diskusi dengan Notula dan Daftar Hadir
Pengertian Menulis Laporan Hasil Diskusi dan Contoh Laporan Diskusi dengan Notula dan Daftar Hadir



Pengertian Menulis Laporan Hasil Diskusi


Pada kegiatan pembelajaran yang lalu, kamu sering melakukan kegiatan diskusi untuk membahas berbagai hal. Dalam kegiatan diskusi tersebut ada teman yang berperan sebagai pembicara, moderator, dan ada notulis. Pembicara adalah orang yang menyampaikan dan membahas topik permasalahan yang didiskusikan. Moderator adalah orang mengatur jalannya diskusi. Notulis adalah orang yang bertugas untuk membuat notula (catatan rapat/hasil diskusi).

Menulis laporan hasil diskusi adalah salah satu tugas seorang notulis. Laporan yang disampaikan harus dapat menyajikan fakta secara objektif tentang keadaan atau kegiatan yang telah dilaksanakan. Fakta objektif  yang disajikan menjadi tanggung jawab notulis yang membuat laporan diskusi tersebut.
 




Contoh Laporan Diskusi dengan Notula dan Daftar Hadir






Laporan Diskusi tentang
"Bahaya Narkotika terhadap Generasi Muda"



Pada hari Senin, 12 Maret 2001 di Gedung Jati Diri Semarang telah diselenggarakan diskusi sehari tentang "Bahaya Narkotika bagi Generasi Muda dan Sanksi-sanksinya".


Seminar dibuka oleh ketua penyelenggara pada pukul 08.30 dan menampilkan tiga orang penyaji makalah. Setiap penyaji makalah dalam satu session mendapat jatah waktu kira-kira 90 menit, dipandu seorang moderator dan didampingi seorang notulis. Seminar diikuti 200 peserta perwakilan dari SMA se-Jawa Tengah.


Dengan antusias peserta seminar yang berpakaian seragam abuabu putih itu mengikuti jalannya seminar sejak awal hingga akhir. Setiap penyaji makalah selesai membacakan makalahnya dan moderator memberikan kesempatan bertanya kepada mereka, para peserta pun tanpa malu-malu berebut mengajukan pertanyaan dan tanggapan. Acara tanya jawab dibagi beberapa termin.

Setiap penyaji rata-rata memberikan kesempatan tiga termin. Setiap termin lima orang penanggap  Pada kesempatan pertama tampil sebagai penyaji makalah Kol.Pol. Drs. M. Warsino dengan makalah "Bahaya Narkotika bagi Generasi Muda", sebagai moderator Drs. Bambang Mintono. Penyaji makalah Dr. Anis Susiati, S.Psi. dengan makalahnya “Pengaruh Psikologis Orang Tua di Era Globalisasi terhadap Perkembangan Jiwa Anak", sebagai notulis Saudari Endang Astuti.


Tepat pukul 12.00 acara diskors untuk makan siang dan shalat zuhur. Enam puluh menit kemudian acara dilanjutkan dengan menampilkan Dr. Kunto sebagai penyaji dengan makalahnya "Masalah Narkoba dan Implikasi Pasar Bebas". Sebagai moderator dan penulis masing-masing Dra. Kartika Rini dan Dra. Kamila Wasesi.


Diskusi berjalan lancar, kesan peserta merasa puas atas penjelasan para penyaji makalah. Pukul 15,00 ditutup oleh wakil penyelenggara.


                                                                                                                 Penyusun laporan,

                                                                                                                            ttd

                                                                                                                Drs. Susilo (Notulen)






Menyusun laporan hasil diskusi adalah tugas notulis. Untuk itu, notulis harus mengikuti jalannya diskusi dengan cermat agar dapat mencatat segala hal yang berkaitan dengan kegiatan dan jalannya diskusi. Hal-hal yang perlu dicatat notulis antara lain: gagasan pokok yang disampaikan  pembicara, pertanyaan, sanggahan, komentar, atau saran dari peserta diskusi. Selain itu, notulis juga bertugas meresume pembicaraan, mencatat suasana jalannya diskusi, serta mengedarkan dan merekap daftar hadirdiskusi.
 






Semoga dengan adanya Pengertian Menulis Laporan Hasil Diskusi dan Contoh Laporan Diskusi dengan Notula dan Daftar Hadir ini kalian akan semakin mudah dan mampu menguasai cara / langkah dalam membuat sebuah laporan hasil diskusi dan dengan adanya contoh laporan diskusi di atas kalian bisa dengan mudah membuat laporan diskusi. Terimakasih telah membaca Pengertian Menulis Laporan Hasil Diskusi dan Contoh Laporan Diskusi dengan Notula dan Daftar Hadir.
Previous
Next Post »