Langkah / Cara Menyampaikan Intisari Buku Nonfiksi

Langkah / Cara Menyampaikan Intisari Buku Nonfiksi - Kalian tentu pernah membaca suatu buku baik itu buku fiksi, nonfiksi, dan lain sebagainya. Setelah membaca buku saya yakin tidak semua kalian mampu dalam mengambil intisari dari buku yang kalian baca. Kebanyakan kalian setelah membaca tidak tahu intisari buku dan kebanyakan informasi yang kalian tangkap bukanlah intisari dari buku. Bagi kalian yang masih kesulitan dalam mengambil dan menyampaikan intisari sebuah buku khususnya nonfiksi, maka pada kesempatan ini saya akan memberikan Langkah / Cara Menyampaikan Intisari Buku Nonfiksi.



Langkah / Cara Menyampaikan Intisari Buku Nonfiksi
Langkah / Cara Menyampaikan Intisari Buku Nonfiksi



Langkah / Cara Menyampaikan Intisari Buku Nonfiksi


Dalam kehidupan kita sehari-hari membaca buku menjadi suatu kebutuhan. Buku yang dibaca dapat berbentuk prosa fiksi atau buku-buku nonfiksi. Novel, cerpen, dan drama merupakan karya sastra yang berbentuk fiksi, sedangkan buku-buku ilmiah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan tergolong karya nonfiksi. Buku-buku pelajaran adalah karya nonfiksi karena isinya bukan hasil imajinasi, melainkan berdasarkan fakta dan kenyataan. Begitu pula buku-buku tentang ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, hukum, kesehatan, politik, psikologi, agama, matematika, sejarah, propaganda, biografi, dan autobiografi adalah buku - buku nonfiksi.


Untuk memenuhi kewajiban sebagai pelajar, tentu kamu banyak dihadapkan pada buku yang harus dibaca. Apakah setiap kali membaca buku pelajaran, kamu selalu membuat intisari, rangkuman, atau catatan-catatan penting tentang buku yang kamu baca? Biasakanlah setiap kali sehabis membaca, menuliskan hal-hal penting wacana yang kita baca.


Pada umumnya, buku terdiri atas beberapa bagian, yaitu bagian permulaan, bagian pokok atau isi buku, dan bagian penutup atau pelengkap. Untuk itu, langkah membuat intisari dapat dimulai dari melihat struktur buku. Selanjutnya perhatikan langkah-langkah berikut !


1. Perhatikan bagian permulaan buku! Lihat dan baca dengan cepat kulit luar, halaman judul, tahun penerbitan, halaman pengantar, dan daftar isi ! Melalui daftar isi, kamu dapat memperoleh gambaran topik-topik penting yang diuraikan dalam buku tersebut.


2. Temukan informasi umum buku, isi bab atau seksi, dan penjelasan tertentu tentang suatu istilah !


3. Catat informasi-informasi penting yang ada pada setiap bagian, bab, dan subbab !

Perhatikan informasi penting (informasi fokus) yang telah kamu catat, susun dan tuliskan dengan menggunakan kata-kata sendiri ! Catatan yang telah kamu susun, itulah yang disebut intisari buku nonfiksi yang telah kamu baca.






Semoga dengan adanya Langkah / Cara Menyampaikan Intisari Buku Nonfiksi ini kalian akan semakin memahami dan menguasai Langkah / Cara Menyampaikan Intisari Buku Nonfiksi. Kalian akan semakin mudah dan semoga nilai kalian semakin baik pada materi ini. Terimakasih telah membaca Langkah / Cara Menyampaikan Intisari Buku Nonfiksi.
Previous
Next Post »