Pengertian Makna Denotasi dan Konotasi beserta Contoh

Pengertian Makna Denotasi dan Konotasi beserta Contoh - Kalian tentu sering menemukan kata atau makna denotasi dan konotasi di buku ataupun koran. Tetapi tidak semua dari kalian menyadari bahwa apa yang kalian lihat dan baca itu makna denotasi dan konotasi. Sebenarnya di mana letak perbedaan antara makna denotasi dan konotasi ? apa pengertian makna denotasi dan konotasi ? Dan seperti apa contoh makna denotasi dan konotasi ?. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Pengertian Makna Denotasi dan Konotasi beserta Contoh.



Pengertian Makna Denotasi dan Konotasi beserta Contoh
Pengertian Makna Denotasi dan Konotasi beserta Contoh



Pengertian Makna Denotasi dan Konotasi beserta Contoh


1. Pengertian Makna Denotasi dan Contohnya


Makna denotasi adalah makna yang sebenarnya (makna secara eksplisit). Makna wajar (sebenarnya) ini adalah makna yang sesuai dengan kondisi yang apa adanya. Denotatif adalah suatu pengertian yang dikandung sebuah kata secara objektif dan lugas.

Contoh: daya tamping Perlu ada inovasi untuk mengantisipasi daya tampung waduk.

 2. Pengertian Makna Konotasi dan Contohnya

 
Makna konotasi adalah makna kiasan, yaitu makna yang timbul sebagai akibat dari sikap sosial, sikap pribadi, dan kriteria tambahan yang dikenakan pada sebuah makna konseptual. Jadi, makna konotasi adalah makna kiasan atau makna di balik makna sebenarnya.


Contoh : menggantungkan diri (sumber nafkah)

Bila hanya mengandalkan cara konvensional, banyak sektor yang menggantungkan diri pada air waduk akan dirugikan.



Semoga dengan adanya Pengertian Makna Denotasi dan Konotasi beserta Contoh ini kalian akan semakin memahami apa itu pengertian makna denotasi, seperti apa contoh makna denotasi. apa itu pengertian makna konotasi, dan seperti apa contoh makna konotasi. Teruslah belajar dan semoga nilai kalian selalu bagus. Amin. Terimakasih telah membaca Pengertian Makna Denotasi dan Konotasi beserta Contoh.
Previous
Next Post »