Pengertian, Macam - Macam, dan Contoh Aspek Geografi ( Aspek Fisik dan Aspek Sosial )

Pengertian, Macam - Macam, dan Contoh Aspek Geografi ( Aspek Fisik dan Aspek Sosial ) - Salah satu materi dalam Geografi adalah kalian akan mempelajari apa itu pengertian aspek geografi yang terdiri dari aspek fisik dan aspek sosial. Setelah kalian mengetahui pengertian aspek geografi maka kalian harus tahu contoh-contoh aspek geografi tersebut. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Pengertian, Macam - Macam, dan Contoh Aspek Geografi ( Aspek Fisik dan Aspek Sosial ). Bagi kalian yang masih kesulitan dalam memahami dan memberikan contoh aspek fisik dan aspek sosial dalam geografi silahkan baca artikel Pengertian, Macam - Macam, dan Contoh Aspek Geografi ( Aspek Fisik dan Aspek Sosial ).


Pengertian, Macam - Macam, dan Contoh Aspek Geografi ( Aspek Fisik dan Aspek Sosial )
Pengertian, Macam - Macam, dan Contoh Aspek Geografi ( Aspek Fisik dan Aspek Sosial )



Pengertian, Macam - Macam, dan Contoh Aspek Geografi ( Aspek Fisik dan Aspek Sosial )




Setelah kita mencoba membahas apa hakikat geografi melalui berbagai pengertian, konsep, pendekatan, dan prinsip-prinsip keilmuannya, pada kesempatan ini kita akan mencoba untuk mengetahui lebih jauh tentang apa yang menjadi aspek geografi melalui objek-objek kajiannya.


Berbagai pengertian geografi seperti yang dikemukakan para ahli, dapatlah disimpulkan bahwa geografi merupakan suatu ilmu pengetahuan dengan objek utamanya yaitu bumi beserta segala isinya, termasuk di dalamnya segala peristiwa atau fenomena yang timbul akibat adanya hubungan interaksi antara berbagai unsur fisik maupun sosial dilihat dari konteks keruangan. Dengan demikian, secara garis besarnya aspek-aspek geografi meliputi aspek fisik dan aspek sosial.


Pengertian Aspek Fisik dan Aspek Sosial Geografi



Aspek fisik dalam geografi hanya membahas unsur-unsur geosfer yang bersifat fisik antara lain meliputi tanah, air, iklim dengan segala proses alamiahnya. Aspek sosial geografi mengambil manusia dengan berbagai gejalanya sebagai objek studi pokok, seperti aspek kependudukan, aspek aktivitas ekonomi, sosial, budaya, dan politiknya.



 Contoh Aspek Fisik dan Aspek Sosial Geografi

 
Untuk membedakan kedua aspek tersebut, kamu dapat melihat melalui gejala-gejala geosfer dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, terjadinya perubahan musim, gempa bumi, meletusnya gunung berapi, pola pengaliran sungai, dan lain-lain merupakan aspek fisik geografi. Sedangkan yang mengangkut aspek manusianya antara lain, mobilitas penduduk, urbanisasi, masyarakat kota dengan kegiatan industri dan perdagangannya, kegiatan pertanian di desa, dan lain sebagainya.


Kedua aspek geografi tersebut tidak dibahas sendiri-sendiri, melainkan saling berhubungan (korelasi) membentuk berbagai gejala dan fenomena di permukaan bumi yang tidak terlepas dari kegiatan alam dan manusia secara bersama-sama serta saling mempengaruhi. Misalnya, ketersediaan air tanah tergantung pada banyak sedikitnya peresapan air ke dalam tanah. Hal ini dipengaruhi oleh jenis batuan dan jenis penutupan lahan. Jenis penutupan lahan sangat tergantung pada aktivitas manusia dalam mengolah lahan. 


Jika lahan banyak ditutup oleh tembok-tembok karena kegiatan industri atau permukiman maka kesempatan tanah untuk menyerap air sangat sedikit dan akibatnya cadangan air tanah akan berkurang. Contoh lain, kegiatan pertanian di dataran rendah lebih mengandalkan pertanian sawah (lahan basah) karena banyak tersedia air, sedangkan di pegunungan, penduduk lebih banyak mengusahakan perkebunan atau pertanian lahan kering karena lebih mengandalkan hujan sebagai sumber airnya.






Semoga dengan adanya Pengertian, Macam - Macam, dan Contoh Aspek Geografi ( Aspek Fisik dan Aspek Sosial ) ini kalian akan semakin memahami serta menguasai apa itu pengertian aspek geografi baik aspek fisik maupun aspek sosial dan kalian bisa memberikan contoh dari masing-masing aspek geografi tersebut. Terimakasih telah membaca Pengertian, Macam - Macam, dan Contoh Aspek Geografi ( Aspek Fisik dan Aspek Sosial ).
Previous
Next Post »